Halim Santoso

Halim Santoso, SE, MBA, MM

PENDIRI PERUSAHAAN

Halim Santoso, SE, MBA, MM adalah pendiri dan pimpinan dari PT. HBMS Consulting, sebuah perusahaan yang bergerak dan fokus dibidang konsultan bisnis dan perpajakan sejak tahun 1997.

Halim Santoso mengikuti pendidikan formal dengan meraih gelar sarjana jurusan Akuntansi tahun 1981 dan lulus ujian negara sarjana ekonomi jurusan Akuntansi tahun 1983 di Jakarta. Tahun 1995 lulus pasca sarjana jurusan Finance & Banking (MBA & MM) di Jakarta dan memperoleh pendidikan non formal konsultan pajak bersertifikat. Aktif di organisasi ikatan konsultan pajak sebagai ketua LIMA dalam periode tahun  2015 sampai tahun 2019. Pendiri Assosiasi Konsultan Pajak Perkoppi (  Perkumpulan Konsultan Praktisi dan Perpajakan Indonesia ) periode tahun 2019 sampai dengan sekarang sebagai ketua dewan penasehat.

Aktif sosial pendidikan di Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Pahoa sebagai Ketua Direktur Akademi Sekolah Terpadu Pahoa  ( TK - SMA ) periode 2016  sampai dengan sekarang.

Pada tahun 2011 memperoleh sertifikat mediator dalam rangka mengikuti program "Mediation Training and Education" fakultas hukum dari Universitas Tarumanagara. Pada tahun 2014 memperoleh surat tanda terdaftar sebagai rekan non-Akuntan Publik dari Sekretaris Jenderal Menteri Keuangan.

Halim Santoso memulai berkarir tahun 1977 sampai 1985 di Drs. Hans Kartikahadi & Co Kantor Akuntan Public sebagai senior Auditor. Sejak tahun 1985 sampai 1991 Halim Santoso sebagai Financial Controller di PT. Intercalin manufaktur atau ABC baterai grup dan pada tahun 1991 sampai 1997 sebagai pimpinan kantor Konsultan Manajemen dan Pajak di Eko Lasmana & Halim Consulting. Pada tahun 1997 sampai sekarang Halim Santoso mendirikan PT. HBMS (Halim Bina Multi Solusi) Consulting begitupun juga tahun 2008 sampai sekarang mendirikan persekutuan HSR (Halim, Suhardi, Ratna) Tax Services spesialisasi Konsultan Pajak.

Pribadi yang memiliki pengalaman akademik sebagai pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (UNTAR) tahun 1981 sampai 1997 dan di Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) tahun 1997 sampai 1999 di Jakarta Barat. Penyampaian materi yang mudah dipahami dengan ilustrasi-ilustrasi sederhana sesuai kasus-kasus nyata serta peraturan terkait membuat beliau dipercayakan sebagai pembicara atau narasumber bidang perpajakan di berbagai kegiatan seminar, lokakarya atau pelatihan, spesialisasi di bidang bisnis dan pelatihan perpajakan salah satunya PT. Bank Central Asia, Tbk Training Centre di Wisma Asia Slipi Jakarta Barat dari tahun 2000 sampai tahun 2017.

Dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan dalam hal konsultan bisnis dan perpajakan yang lebih dari 42 tahun berkarya, Halim Santoso mampu menangani perusahaan klien yang bervariasi permasalahannya baik perusahaan nasional maupun multinasional. Posisinya sebagai praktisi konsultan bisnis dan perpajakan terbukti dengan aktif ikut serta di asosiasi Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dari awal sampai dengan Desember 2019 sempat menjadi ketua Lima periode tahun 2014 sampai dengan tahun 2019, Desember 2019 sampai sekarang pendiri Perkumpulan Konsultan dan Praktisi Perpajakan Indonesi (Perkoppi) dan juga 2021 sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Pengacara dan Praktisi Hukum Pajak Indonesia (PPPHPI).