Perkoppi Wadah Konsultan Pajak Milenial Untuk Beri Kontribusi Pada Negara

jakarta - Di tengah lesunya denyut penerimaan pajak dan ketidakseimbangan rasio pegawai pajak dibandingkan wajib pajak, konsultan pajak turut mengemban peran penting dalam membangun kesadaran membayar pajak dan kepercayaan (trust)
terhadap Pemerintah.

Selain itu, konsultan pajak juga berperan sebagai mediator antara wajib pajak dan Ditjen Pajak dalam penyelesaian sengketa pajak.

wajib pajak juga membutuhkan penasihat perpajakan di tengah ragam perbaikan sistem dan reformasi menuju era baru perpajakan. Pemenuhan kewajiban perpajakan yang kompleks, tingginya cast of compliance. ketidakpastian dan ketidakjelasan penafsiran hukum pajak menjadi alasan betapa peran konsultan pajak masih sangat dibutuhkan oleh wajib pajak, khususnya dalam memberikan opini untuk mengambil keputusan dan memahami risiko perpajakan ke depan.

Dalam rangka membangun sistem perpajakan yang kuat, kredibel dan efektif maka, organisasi profesi konsultan pajak diperlukan untuk mendukung peningkatan kompetensi, profesionalitas, dan integritas konsultan pajak. Demikian di katakan Ketua Umum Perkoppi Drs. Herman Juwono. CPA., CA., BKP. Di Hotel Twin, Jakarta, 27/11/2019.

Lanjut ucap Ketum “Perkumpulan Konsultan Praktisi Perpajakan Indonesia (Perkoppi) hadir untuk menjawab kebutuhan itu. Kehadiran organisasi profesi konsultan pajak ini berdasarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Asosiasi Konsultan Pajak No: 01/AKP/PJ/2019 tanggal 18 Oktober 2019.” Jelasnya.

“Dengan demikian Perkoppi secara resmi telah diakui oleh Ditjen Pajak dengan dua visinya Pertama, menjadikan konsultan pajak sebagai profesi yang terhormat (officium nobile), terutama dalam hal profesionalitas dan integritasnya. Kedua, menjadi mitra andal pemerintah dalam meningkatkan penerimaan negara lewat pajak.” Ucap Ketum yang juga anggota Kadin Indonesia

Di tempat yang sama Wakil Sekertaris Umum Perkoppi Agustinus Ludoy, SE. MM. BKP mengatakan “Dengan berdirinya Perkoppi di tanah air di harapkan mampu menjadi wadah bagi generasi milenial konsultan pajak untuk mengembangkan diri serta dapat memberi kontribusi kepada pemerintah.” Jelas Presiden Director PT. Ludoy Excellent Consultan ini.

Sumber : www.sorotjakarta.com

Direktorat Jendral Pajak bkpm

Yang Menarik & Terbaru